Saturday, June 14, 2008

A New Hope



B2-1B adalah identifikasi resminya. Tapi 'Baby’ adalah nama panggilan kami untuk anak kambing yang lahir di BTS Tanjung Piayu Laut satu bulanan lalu.

Untuk urusan fisik, ia sama lucunya dengan anak-anak hewan piaraan yang lain. Raut muka, tindak tanduk dan loncatan-loncatannya benar-benar sebuah hiburan tersendiri. Tapi untuk kami di DSNI, ia juga representasi dari harapan akan bergulirnya program pemberdayaan masyarakat yang kami gagas.

Budidaya Ternak Sehat (BTS) adalah program pengembang biakan hewan ternak oleh individu maupun kelompok masyarakat diwilayah binaan DSNI Amanah. Program ini dilakukan dengan pendekatan bagi paron, bagi hasil. Anak ganjil milik peternak, anak genap milik kami.

Saat ini kami baru menyebar 6 ekor untuk pemberdayaan individu di Dusun Air Saga, Desa Pulau Abang, Kecamatan Galang, Batam. Selain itu juga ada 6 ekor lagi yang disebar untuk pemberdayaan kelompok di Tanjung Piayu Laut, Batam.

Sementara ini, kami juga tengah menyiapkan kandang untuk 100 ekor yang dijadikan bibit. Kandang ini akan menjadi sentral produksi dan distribusi untuk pemberdayaan diatas. Terletak ditanah seluas kurang lebih 3 hektar, kandang dilengkapi dengan aula, tempat menginap, kebun palawija dan kolam ikan. Bila selesai dikembangkan, kandang ini akan dijadikan lokasi wisata yang dilengkapi dengan jungle track dan aneka permainan outbond.

Kehadiran ‘Baby’ seakan menjadi penyejuk setelah didera penyakit dan kematian beruntun hewan-hewan yang kami sebar dilokasi pemberdayaan. Ada semangat baru, dorongan baru untuk impian besar. Seolah terbayang 1-2 tahun lagi ketika Agus dan rekan-rekanya menjual Baby untuk pendidikan putra-putri mereka.

Didepan kami hanya ada seekor anak kambing. Namun ia adalah representasi sebuah usaha kami untuk membantu masyarakat, menurut mampu kami, memberdayakan diri mereka.

Semoga ...

(by Prasetyo)



No comments: